Minggu, 01 Januari 2017

BENARKAH MANDI MALAM PENYEBAB RHEMATIK?

Sering kita dengar jangan mandi malam nanti terkena  rheumatik  karena dingin, tapi sampai saat ini belum ditemukan penelitian yang menyatakan masyarakat yang tinggal di daerah kutub nyeri sendi dan tulangakibat temperatur yang tinggi

Di jaman modern ini banyak pekerja yang tidak  mengenal waktu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya bahkan ada yang berprinsip “time is money” berangkat petang pulang malam.Apakah karena ketakutan mandi malam pulang kerja akan langsung tidur dengan kondisi badan kotor dan berkeringat?yang terjadi nanti malah tidak bisa istirahat dengan nyaman karena kondisi badan tidak bersih istirahat terganggu karena gatal dan esok ya lesu tidak bisa aktifitas maksimal karena kurang istiraha, tidurnya terganggu.


Sebelum kita bahas lebih lanjut anjuran mandi dimalam hari setelah bekerja kita tahu dulu apa itu rheumatik dan penyebabnya.

Rheumatik atau artritis adalah peradangan dari satu atau beberapa sendi yang dapat menyerang orang semua umur, tetapi paling sering dari yang setengah umur dan lebih tua ( Evelyn Pearce, Anatomi dan Physiology for Nurses).

Gejala umum rheumatik adalah kekakuanpada sendi, pembengkakan dan nyeri sendi,sakit berpindah -pindah pada tempat persediaan.
Penyebab rheumatik bermacam-macam diantaranya
·         Kelebihan beratusan badan
·         Stress
·         Aliran darah tidak lancar
·         Sering mengangkat beban yang berat
·         Faktor genetika dll.
\
S   Setelah  baca ulasan di atas apakah kita akan tetap takut mandi malam padahal kondisi badan banyak keringat dan kotor beraktifitas seharian?Jawabnya” no way ” Mandi setelah beraktifitas seharian membuat tubuh kembali sehat dan segar,menghilangkan kotoran yang melekat,tubuh terasa nyaman dan tidak gatal tidur pun bisa nyenyak dan bangun pagi hari badan fresh kembali siap beraktifitas, semangat!! Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

(    (Bekti, Infokom Balapulang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar