Kamis, 12 Januari 2017

PERAWAT HARUS BIASAKAN MENULIS!

PPNI Tegal - Perawat menulis? ini hobi baru? Ajakan untuk membaca itu lebih sering terdengar dari pada ajakan untuk menulis, apa bedanya? apa manfaatnya?




Pertanyaan itu muncul di benak kita yang tidak terbiasa menulis, apalagi ajakan itu tertuju kepada perawat? Namun itulah yang ada di misi Bidang baru PPNI periode 2015- 2020 ini yaitu Bidang Penelitian, Sistem Informasi dan Komunikasi. Menulis seperti apa yang dimaksud disitu? apa yang bisa perawat tulis? 

Ternyata hobi menulis itu secara tidak langsung akan mendorong orang tersebut hobi membaca pula, menulis pun banyak pilihan, mulai dari artikel ringan, fiksi,seni, sampai dengan menulis karya tulis ilmiah.

"Semuanya demi syiar PPNI" kata Johan, Wakil Ketua Bidang Penelitian Informasi & Komunikasi DPD PPNI Kabupaten Tegal saat sidang Komisi acara Rakerda I di STiKes Bhamada kemarin. Dengan menulis pula lah semua tentang perawat bisa diketahui secara luas, sehingga berita baik mampu memberikan energi positif, inspirasi, menambah pengetahuan bahkan jalan atau tidaknya organisasi ini diketahui melalui sistem informasi dan komunikasi yang terbentuk melalui media -media komunikasi sebagai kantor beritanya.

Terlebih lagi jika sampai berupa karya ilmiah, tentunya akan menguatkan perawat dari sisi keilmuan yang mendukung praktik keperawatan.

Tentunya tulisan positif akan membangun citra yang baik tentang organisasi itu, Ketua DPD PPNI Kab. Tegal, Kiswandi menambahkan "Karya tulis ilmiah perawat bisa kita mulai dari penelitian yang sederhana, deskriptif dulu, tidak usah yang rumit-rumit".

Rencananya kegiatan menulis ini akan diprogramkan rutin setiap hari mulai Februari 2017 dengan jadwal menulis dari setiap komisariat dan terbuka pula untuk semua perawat.


2 komentar:

  1. Tulisannya dikirim ke mana? jurnal resmi ppni kab.tegal atau jurnal ilmiahnya stikes bhamada?

    BalasHapus
  2. wow, kalau perawat jadi penulis bakalan ga kerja di rumah sakit dong? atau nulisnya dijadikan kerjaan sambilan? jadi bisa tetep kerja di rumah sakit... nice nice nice

    BalasHapus