Sabtu, 31 Desember 2016

PERUBAHAN CARA MERAWAT LUKA

Slawi - Perkembangan perawatan luka modern menjadi suatu trend dalam ilmu keperawatan Perawatan luka saat ini yang sedang memasuki era baru perubahan metode dalam perawatan luka dengan konsep kelembaban.







Hal tersebut menjadi pembahasan dalam seminar yang diadakan Prodi DIII Keperawatan Stikes Bhamada dengan tema "Perawatan Luka Modern dan Prospek di Masa Mendatang" yang dilaksanakan Sabtu, 26 November 2016 di Convention Hall, Stikes Bhamada Slawi, dihadiri 391 mahasiswa dan perawat.

Hingga kini masih banyak penanganan luka yang dilakukan dengan cara lama contohnya seperti  luka ringan dengan cara membersihkan luka dan mengoleskan obat merah dan pada luka berat langkah yang diambil pun hampir sama. Banyak yang tidak memikirkan apakah luka tersebut perlu dibalut atau tidak.

Padahal penggunaan antiseptic / antibiotic yang tidak sesuai dosis, pemilihan balutan yang tidak sesuai dengan kondisi luka sama sekali tidak membantu bahkan berisiko memperburuk luka. Perawat harus dibekali dengan ilmu perawatan luka modern sehingga permasalahan yang terjadi dalam manajemen luka dapat diatasi.

Ketua DPD PPNI  Kab Tegal, Amat Kiswandi, SKM, MM, dalam pembukaan seminar tersebut menyampaikan “perawat harus mampu memahami perkembangan dan trend dalam perawatan luka modern sehingga akan mampu meningkatkan kualitas dalam pemberian asuhan keperawatan

(Woro-infokom DPD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar